Apa saja bahaya softlens untuk mata normal?

Demi tuntutan gaya dan penampilan, sering sekali kita mengabaikan resiko. Itulah cerminan trend mode anak muda sekarang, sudah jelas-jelas matanya normal tapi tetap saja nekat menggunakan soflens. Seharusnya pemilik mata sehat lebih bersyukur dan menghindari penggunaan lensa kontak untuk gaya-gayaan.

Seharusnya softlens untuk alat bantu penglihatan saja da hanya digunakan bila menjadi tuntutan pekerjaan/ aktivitas, miasalnya saat berolahraga main bola atau basket tentu akan lebih sulit bila menggunakan kaca mata, sehingga dalam aktivitas olahraga softlens lebih baik daripada kaca mata. Jika hanya karena trend dan ingin tampil beda, sebaiknya janga sesekali beli softlens jenis apapun.

Ingat softlens merupakan benda asing yang kita tempelkan ke permukaan bola mata, apapun namanya kalau sudah benda asing maka sudah pasti memiliki resiko dan efek samping terhadap kesehatan mata normal tersebut. Perlu diingat kesehatan mata tidak bisa dinilai dengan uang, anda yang matanya masih sehat mungkin ungkapan ini anda sepelekan tapi suatu saat ketika mata anda sudah sakit anda baru akan mengetahui betapa nikmatnya memiliki mata normal.

Setiap benda asing yang menempel di bola mata akan mempengaruhi kirnerja indra penglihata ini. Pemakaian softlens dalam jangak panjang pada mata normal dapat menyebabkan si pengguna terkena rabun dekat maupun jauh. Sebab secara tidak langsung kita telang memodifikasi kondisi bola mata secara tidak natural, hal ini dipastikan akan menyebabkan adanya penurunan kemampuan penglihatan mata normal.

Berikut beberapa bahaya menggunakan softlens pada mata normal:

  • Jika softlens yang kita gunakan tidak steril (tertempel debu, atau bakteri) dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada mata.
  • Bisa saja softlens yang kita gunakan sobek, sehingga secara tidak sengaja melukai permukaan bola mata. Akibatnya tentu sangat berbahaya.
  • Secara umum sirkulasi oksigen pada mata akan terganggu bagi semua pengguna softlens, hal ini dapat menyebabkan mata cepat lelah, gatal dan kering.
  • Pemakaian softlens pada mata normal dipastikan dapat menyebabkan si pengguna terkena rabun, sehingga pada akhirnya harus menggunakan kaca mata secara permanen.
artikel bahaya pemakaian Soft Lens

Mengingat begitu banyak bahaya penggunaan softlens pada mata normal, maka sudah selayaknya kita tidak memakaikan benda asing apapun ke permukaan bola mata. Ingat bahwa matamerupakan indera terpenting dalam sebuah tubuh manusia. Sekali mata anda menjadi rabun maka bisa dipastikan selamanya akan hidup dengan gangguan penglihatan jarak jauh ataupun dekat. Semoga tulisan sigkat dan sederhana ini bermanfaat..

Comments