Memilih Frame Kaca Mata

Baru pertama memakai kaca mata ya? bingung mau milih bentuk frame kaca mata? Kalau ia, berarti anda orangnya terlalu memperhatikan gaya (stylish). Mungkin sudah banyak kita dengar saran dari orang lain atau media tentang memilih frame kaca mata ini, ada yang menyarankan berdasarkan bentuk wajah atau hidung ada juga yang berdasarkan trend masa kini.

cara memilih frame kaca mata
Untuk memilih frame kaca mata, pertama yang harus kita pahami dulu adalah fungsi dari kaca mata itu sendiri. Apakah kita memakainya untuk tujuan sebagai alat bantu penglihatan atau sebagai gaya, atau keduanya. Jika kita memakai kaca mata untuk alat bantu, misalnya karena mata minus ataupun plus, maka frame yang harus kita pilih harus berdasarkan kenyamanan dan ukuran yang pas. Kalau kita membeli kaca mata karena gaya, maka silahkan pilih berdasarkan trend masa kini atau bentu wajah.

Sebagai alat bantu penglihatan, maka kenyamanan dan ukuran yang pas sangat perlu diutamakan dalam memilih frame kaca mata. Karena bila kita memilih frame yang terlalu besar, maka posisi lensa terhadap mata tidak akan terkunci secara sempurna, kaca mata akan lebih sering melorot kebawah, ini artinya jarak lensa terhadap mata akan berubah-ubah. Jarak yang berubah-ubah ini dapat memperburuk minus atau plus mata kita sebagai pengguna.

Untuk itu, kalau kita membeli frame kaca mata jadi, maka pilihlah berdasarkan coba dari sekian banyak pilihan yang tersedia, dan ambil yang ukurannya paling closed/ pas (tidak terlalu sempit dan tidak pula lapang). Penulis sendiri memiliki pengalaman kurang baik dalam memilih frame kaca mata ini, dulu saya memilih frame berdasarkan trend dan branded; jadi saya memilih merek oakley yang harganya sedikit lebih mahal dari frame-frame non branded. Tapi ternyata ukuran oakley saya sedikit kebesaran, akhirnya saat bekerja lebih sering membetulkan posisi kaca mata.

Toko kaca mata jadi, tidak akan kesal pada anda walaupun hendak mencoba semua frame yang tersedia di sana (asal jadi membeli ya.. heheh). Bahkan toko kaca mata yang baik akan langsung menawarkan beberapa ukuran frame sekali gus untuk kita coba.

Kalau kita ingin memilih kaca mata untuk tujuan gaya-gayaan, lebih baik buka beberapa majalah trend bulan ini. Lihat model-model top di TV, mereka menggunakan kaca mata model apa. Tapi penting diketahui, di dunia ini tidak banyak orang yang akan memperhatikan bentuk kaca mata yang anda pakai, so buat apa repot-repot cari model gaya kaca mata.


Memilih kaca mata sesuai dengan bentuk wajah dan hidung, hal ini cukup masuk akal terutama berdasarkan bentuk hidung. Pada hidung pesek, kalau kita memilih kaca mata dengan penyangga yang lebar, biasanya kaca mata akan sering melorot. Kalau bentu wajah mah, menurut saya tidak terlalu penting diperhatikan.. banyak kok orang orang memakai sembarang bentuk kaca mata asal ukurannya pas dan tetap terlihat ok.. ok aja tuh. Intinya kepercayaan diri hanya bisa dirubah dalam hati bukan di frame gagang kaca mata.

Comments