Skip to main content

Model Kacamata Minus Untuk Wajah Lonjong

Dalam memilih model kacamata minus perlu ditekankan unsur kenyamanan. Terkait dengan style (gaya) hendaknya tidak dijadikan sebagai patokan. Memilih kacamata minus untuk wajah lonjong (oval) lebih mudah daripada wajah bulat. Hampir semua model kacamata cocok untuk jenis wajah oval ini. Jadi lebih mudah memilih modelnya bukan?

Untuk mendukung kenyamanan berkacamata pada wajah lonjong juga dipengaruhi oleh bentuk hidung, bagi kita yang berhidung mancung hampir semua jarak nosepad cocok, namun bagi kita yang memiliki hidung pesek sebaiknya pilih kacamata minus dengan nosepad tebal. Biasanya kacamata mudah melorot bila si hidung pesek mengenakan frame dengan nosepad kecil dan pendek.

Selain itu ukuran frame kacamata minus juga sangat menentukan faktor kenyamanan ini, walaupun semua bentuk RIM cocok untuk mata lonjong tapi bila memilih frame yang kebesaran atau kekecilan pasti akan mengurangi rasa nyaman dalam berkacamata. Untuk memilih ukuran frame dengan ukuran tepat pada kacamata jadi (bukan pesanan) hanya bisa dilakukan dengan coba satu per satu frame kacamata yang ada. Berbeda dengan frame pesanan, dimana ukurannya pasti akan lebih akurat sesuai dengan pemilik wajah lonjong.

Berikut ini bagian-bagian dari sebuah kacamata


Untuk memilih model kacamata minus untuk muka lonjong bisa juga dengan memperhatikan model kacamata artis yang lagi trend, kebanyakan artis Indonesia memiliki bentuk wajah oval. Jangan terlalu ikut dengan trend merek, sebab merek tidak selalu sejalan dengan faktor kenyamanan. Lagipula kacamata branded harganya jauh lebih mahal. Cukup ikuti model frame yang mereka gunakan dan cari bentuk frame tersebut pada merek pasaran.

Memilih kacamata minus berbeda dengan memilih softlens, kalau softlens/ hardlens modelnya semua sama, perbedaan hanya terletak pada warna saja. Memilih softlens mata minus sebaiknya berdasarkan rekomendasi dokter mata, begitu juga dengan mimilih kacamata, sebab dokterlah yang paling berkompeten dalam menentukan tingkat minus dan silindres dari penderita gangguan penglihatan. Jangan ragu dengan biaya konsultasi, sebab saat ini biaya pemeriksaan mata di balai kesehatan mata digratiskan baik dengan BPJS maupun non BPJS.


Kacamata minus untuk wajah bulat akan dibahas di artikel tersendiri, karena wajah bundar memiliki sedikit kerumitan dalam menentukan model frame yang cocok. Maka beruntunglah kita pemilik wajah lonjong dimana hampir semua bentuk kacamata minus cocok/ sesuai untuk dipakai. Semoga artikel singkat ini cukup membantu.

Comments

Popular posts from this blog

Softlens Untuk Mata Silindris | Harga dan Merek

Apakah mata silindris bisa memakai softlens? sebenarnya author juga penderitaa mata silindris (mata kanan silindris 1,5) setelah tanya sana sini akhirnya tu kalau ada beberapa merek softlens yang menyediakan untuk mata silindris. Merek tersebut diantaranya; EOS (EOS Softlens Toric Cylinder).

Berdasarkan keterangan dokter;"mata kalau silindrisnya sudah lebih dari 1 maka tidak bisa menggunakan softlens mata minus biasa, namun jika silindris masih dibawah 1 bisa menggunakan lensa kontak minus biasa" Artinya, kalau kita penderita silindris diatas 1, maka mau tidak mau harus memakai softlens khusus seperti EOS diatas, atau biar gak repot 'pakai kacamata saja'
Berapa harga softlens mata silindris tersebut? dari informasi penjual online dikatakan kalau sepasang harganya Rp. 450.000/ pasang. Wow ternyata mahal juga yah, soalnya buat kita yang biasa pakai softlens 80 ribuan harga itu cukup wah gitu loh. Berapa lama masa pakai (daya tahan) lensa tersebut? katanya bisa digunaka…

Bentuk Frame Kacamata Untuk Wajah Oval Hidung Pesek

Pada dasarnya bentuk kacamata untuk wajah oval tidak terlalu sulit, baik hidung pesek maupun hidung mancung. Hampir semua bentuk RIM cocok bagi pemilik wajah oval namun tidak demikian untuk nosepad. Bagi pemilik hidung pesek akan selalu kesusahan bila memakai kacamata dengan nosepad rendah atau tanpa nosepad sama sekali. Untuk lebih jelas sebaiknya perhatikan terlebih dahulu bagian-bagian kacamata berikut ini.

Bagi pemilih wajah lonjong bentuk semua bentuk rim dan gagang akan cocok saja, tapi bila memiliki bentuk hidung yang pesek maka sebaiknya pilihlah kacamata dengan RIM lebih pajang atau tebal. Jangan pilih kacamata tanpa RIM. Sudah kebayang kan, kalau si pesek pakai kacamata tanpa rim? yup betul sekali, akan sering terjadi peristiwa kacamata melorot.  Melorot akan sangat mengganggu aktivitas, baik saat bekerja apalagi berolahraga.

Bila wajah sangat oval, akan lebih baik memilih rim kacamata bulat ataupun kotak besar. Hal ini hanya untuk menyeimbangkan saja, walaupun rim oval teta…

Apa saja bahaya softlens untuk mata normal?

Demi tuntutan gaya dan penampilan, sering sekali kita mengabaikan resiko. Itulah cerminan trend mode anak muda sekarang, sudah jelas-jelas matanya normal tapi tetap saja nekat menggunakan soflens. Seharusnya pemilik mata sehat lebih bersyukur dan menghindari penggunaan lensa kontak untuk gaya-gayaan.

Seharusnya softlens untuk alat bantu penglihatan saja da hanya digunakan bila menjadi tuntutan pekerjaan/ aktivitas, miasalnya saat berolahraga main bola atau basket tentu akan lebih sulit bila menggunakan kaca mata, sehingga dalam aktivitas olahraga softlens lebih baik daripada kaca mata. Jika hanya karena trend dan ingin tampil beda, sebaiknya janga sesekali beli softlens jenis apapun.

Ingat softlens merupakan benda asing yang kita tempelkan ke permukaan bola mata, apapun namanya kalau sudah benda asing maka sudah pasti memiliki resiko dan efek samping terhadap kesehatan mata normal tersebut. Perlu diingat kesehatan mata tidak bisa dinilai dengan uang, anda yang matanya masih sehat mung…