Model Kacamata Minus Untuk Wajah Lonjong

Dalam memilih model kacamata minus perlu ditekankan unsur kenyamanan. Terkait dengan style (gaya) hendaknya tidak dijadikan sebagai patokan. Memilih kacamata minus untuk wajah lonjong (oval) lebih mudah daripada wajah bulat. Hampir semua model kacamata cocok untuk jenis wajah oval ini. Jadi lebih mudah memilih modelnya bukan?

Untuk mendukung kenyamanan berkacamata pada wajah lonjong juga dipengaruhi oleh bentuk hidung, bagi kita yang berhidung mancung hampir semua jarak nosepad cocok, namun bagi kita yang memiliki hidung pesek sebaiknya pilih kacamata minus dengan nosepad tebal. Biasanya kacamata mudah melorot bila si hidung pesek mengenakan frame dengan nosepad kecil dan pendek.

Selain itu ukuran frame kacamata minus juga sangat menentukan faktor kenyamanan ini, walaupun semua bentuk RIM cocok untuk mata lonjong tapi bila memilih frame yang kebesaran atau kekecilan pasti akan mengurangi rasa nyaman dalam berkacamata. Untuk memilih ukuran frame dengan ukuran tepat pada kacamata jadi (bukan pesanan) hanya bisa dilakukan dengan coba satu per satu frame kacamata yang ada. Berbeda dengan frame pesanan, dimana ukurannya pasti akan lebih akurat sesuai dengan pemilik wajah lonjong.

Berikut ini bagian-bagian dari sebuah kacamata


Untuk memilih model kacamata minus untuk muka lonjong bisa juga dengan memperhatikan model kacamata artis yang lagi trend, kebanyakan artis Indonesia memiliki bentuk wajah oval. Jangan terlalu ikut dengan trend merek, sebab merek tidak selalu sejalan dengan faktor kenyamanan. Lagipula kacamata branded harganya jauh lebih mahal. Cukup ikuti model frame yang mereka gunakan dan cari bentuk frame tersebut pada merek pasaran.

Memilih kacamata minus berbeda dengan memilih softlens, kalau softlens/ hardlens modelnya semua sama, perbedaan hanya terletak pada warna saja. Memilih softlens mata minus sebaiknya berdasarkan rekomendasi dokter mata, begitu juga dengan mimilih kacamata, sebab dokterlah yang paling berkompeten dalam menentukan tingkat minus dan silindres dari penderita gangguan penglihatan. Jangan ragu dengan biaya konsultasi, sebab saat ini biaya pemeriksaan mata di balai kesehatan mata digratiskan baik dengan BPJS maupun non BPJS.


Kacamata minus untuk wajah bulat akan dibahas di artikel tersendiri, karena wajah bundar memiliki sedikit kerumitan dalam menentukan model frame yang cocok. Maka beruntunglah kita pemilik wajah lonjong dimana hampir semua bentuk kacamata minus cocok/ sesuai untuk dipakai. Semoga artikel singkat ini cukup membantu.

Comments